BAB
1 Interaksi Manusia dan Komputer
Latihan Soal-soal
1. Jelaskan
definisi Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan Komputer )
2. Jelaskan
perbedaan antara IMK dan User Interface!
3. Jelaskan
definisi Ergonomi itu?
4. Mengapa
factor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan computer?
5. Sebutkan
dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK?
6. Apa
saja yang terlibat dalam IMK?
7. Sebenarnya
antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
8. Jelaskan
tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan
computer?
9. Sebutkan
dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer?
10. Jelaskan tentang hubungan manusia, komputer
dan interaksi dalam IMK?
Jawaban
1.
Komunikasi dua arah antara pengguna (
user ) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan
tertentu.
2.
Interaksi manusia dan komputer adalah
ilmu yang mempelajari, merencanakan, dan merancang bagaimana komputer dan
manusian bekerja bersama jadi orang tersebut butuh dipuaskan dalam cara yang
efektif. Sedangkan User Interface adalah bagian dari komputer dan software yang
orang-orang dapat melihat, mendengar, menyentuh, berbicara, atau sebaliknya,
dapat mengerti atau mengarahkan.
3.
Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari
mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang system
kerja sehingga system kerja tersebut dapat bekerja dengan baik.
4.
Karena dengan factor ergonomic system
dapat bekerja dengan lebih baik.
5.
Bidang-bidang yang terkait :
Teknik
elektronika ; ilmu computer
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka
kerja untuk desain system manusia computer.
Psikologi
Psikologi
perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia,
persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model
proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam
metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia.
Sosiologi
Sosiologi
dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem
manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia)
dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer.
Ergonomi
Ergonomi
dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan
didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat
kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek
fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
Ilmu
Bahasa
Komunikasi
manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis
bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa
barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa
grafis.
Desain
grafis dan tipografi
Kemampuan
estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting
terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi
lebih fleksibel dan powerfull.
6.
Interaksi disebut juga dengan proses
hubungan timbal balik antara manusia (aktif) dengan computer (pasif). IMK
adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi system computer interaktif
untuk kegunaan manusia dengan kajian fenomena yang didalamnya / interaksi
antara pengguna dengan system. Komponen yang melibatkan model interaksi
diantara pengguna :
a. Pengguna
(manusia);
b. System
(mesin);
c. Interaksi.
7.
Antarmuka yang diinginkan oleh user : Aplikasi
dan tampilan yang menarik, pencahayaan
yang nyaman dipandang. efektifitas, fleksibilitas, kemudahan dalam penggunaan
aplikasi, mudah dipelajari.
8.
-Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia
sebagai pengguna computer;
-Berbagai informasi yang berhubungan
dengan karakteristik dialog;
-penggunaan
prototype yang berdasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara
bersama-sama antara calon pengguna dan perancang system;
-Teknik
evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototype yang telah dilakukan.
9.
Sejarah interaksi manusia dan computer dimulai pada
tahun 50-an ketika computer pertama kali diperkenalkan secara komersial.
Computer yang diperkenalkan ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis.
Kemudian pada tahun 70-an mengalami perkembangan penggunaan teknologi ini
secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan,
pertahanan, perusahaaan, dsb).
Kemajuan
teknologi ini juga memperngaruhi rancangan siste, sehingga muncul isu teknik
antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interface
(MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin. Pada pertengahan tahun 80-an, para peneliti akademis
mengenalkan istilah Humaan Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia
dan computer.
10. Hubungan
antara manusia, computer dan interaksi dalam IMK sendiri yaitu komunikasi dua
arah yang antara pengguna (user) dengan system computer yang saling mendukung
untuk mencapai suatu tujuan bersama.
BAB 2 FAKTOR MANUSIA
Latihan Soal-soal beserta Jawabannya
1.
Kombinasi warna terbaik untuk latar belakang
warna merah adalah…
a. Biru,
hitam, hijau b. Kuning, putih, hitam
c.
Putih, biru, cyam d.
Merah, kuning, biru
2. Echoic
pada memori penyaring manusia digunakan untuk menerima rangsangan berupa…
a.
Sentuhan b.
Penglihatan
c. Suara d. Perasa
3. Kecepatan
kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tinggi
dapat dihasilkan jika :
a. Pemakai
masih pemula sehingga tidak keberatan menunggu waktu yang lama
b. Selalu
ada hiburan yang menarik perhatuan pada setiap layer
c.
Ada umpan
balik yang jelas tentang kemajuan kearah solusi
d. Pemakai
sabar dan berlatar belakang budaya yang cenderung lambat
4. Sehubungan
dengan motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari pernyataan-pernyatan
berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang mengembangkan pengendali
lalu lintas udara :
a. Biaya
perlu ditekan agar rendah, meski kehandalan sedikti dikorbankan
b.
Waktu
pelatihan yang lama tidak menjadi masalah asal kinerja pemakai cepat dan bebas
kesalahan.
c. Perancangan
system sulit, perancang harus membuat system transparan sehingga pemakai mudah
terserap dalam bidang-bidang tugasnya.
d. Kecepatan
kinerja penting tetapi kesalahan operator ditoleransi.
5. Dari
jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada tangan,
pergelangan tangan, jari jemari dan lengan?
a. Pemasukan data b. Pekerjaan
interaktif
c.
Akuisisi data d.
Pengolahan kata
6. Dari
jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi
yang tinggi serta beban otot yang rendah?
a.
Pemasukan data b. Pekerjaan interaktif
c.
Akuisisi data d.
Pengolahan data
7. Dalam
perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi
expert frequent user?
a. Meningkatkan
kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai dengan melakukan task sederhana
b. Sering
memberikan pertanyaan dan pesan-pesan berarti seperti “are you sure you want
exit this program?”
c. Perlu
melindungi pemakai dari kemungkinan kesalahan karena coba-coba menjelajah
sendiri
d.
Menyediakan
shortcuts, singkatan-singkatan, makro agar tugas dapat diselesaikan dengan
lebih cepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar